Langsung ke konten utama

BAB 14 SIKLUS PRODUKSI

TUGAS SIA
Oleh:
Friska Ayu Kurnianingtyas
(1117 29640)
C2
PENDAHULUAN
Siklus produksi (production cycle): serangkaian aktivitas bisnis dan operasi pemrosesan informasi terkait yang terus-menerus berhubungan dengan pembuatan produk.
Berikut diagram konteks siklus produksi: 
Empat aktivitas dasar dalam siklus produksi:

  1. Desain produk
  2. Perencanaan dan penjadwalan
  3. Operasi Produksi
  4. Akuntansi Biaya
Berikut diagram arus data tingkat 0 dari siklus produksi (terhubung dengan menyertakan ancaman): 
SISTEM INFORMASI SIKLUS PRODUKSI
Gambar berikut menyajikan bagian dari enterprise resource planning (ERP) yang mendukung siklus produksi sebuah organisasi: 
PROSES
Perhatikan bagaimana sistem informasi siklus produksi mengintegrasikan baik data operasional maupun keuangan dari banyak sumber. Departemen teknik bertanggung jawab untuk mengembangkan spesifikasi produk. Departemen teknik juga mengakses buku besar dan file persediaan untuk informasi mengenai perkiraan penjualan dan pesanan pelanggan. Departemen perencanaan produksi menggunakan informasi tersebut plus data mengenai tingkay persediaan saat ini untuk mengembangkan jadwal induk produksi dan membuat catatan baru dalam file pesanan produksi untuk mengotorisasi produksi barang-barang tertentu.

ANCAMAN DAN PENGENDALIAN
Ancaman pertama adalah risiko dari data induk yang tidak akurat atau tidak valid. Ancaman yang lain adalah pengungkapan yang tidak diotorisasi atas informasi produksi, seperti rahasia dagang dan peningkatan proses yang menyediakan perusaan dengan keunggulan kompetitif. Ancaman ketiga adalah kehilangan atau perubahan data produksi. 
Berikut ancaman dan pengendalian dalam siklus produksi:
DESAIN PRODUK
Langkah pertama dalam siklus produksi adalah desain produk. Tujuannya untuk menciptakan sebuah produk yang memenuhi kebutuhan pelanggan dari segi kualitas, daya tahan, dan fungsionalitas sementara secara simultan meminimalkan biaya produksi.

PROSES
Daftar bahan baku (bill of materials- BOM): sebuah dokumen yang menyebutkan nomor bahan baku, deskripsi, dan kuantitas dari tiap-tiap komponen yang digunakan dalam sebuah produk.
Berikut contoh daftar bahan baku:
Daftar operasi (operation list): sebuah dokumen yang menspesifikasikan urutan langkah-langkah untuk mengikuti dalam membuat produk, peralatan apa yang digunakan, dan seberapa lama setiap langkah yang diambil.
Berikut contoh daftar operasi:
ANCAMAN DAN PENGENDALIAN
Desain produk yang buruk meningkatkan biaya dalam beberapa cara. Untuk menanggulangi ancaman seperti ini, para akuntan harus berpartisipasi dalam aktivitas desain produk.

PERENCANAAN DAN PENJADWALAN
Langkah kedua dalam siklus produksi adalah perencanaan dan penjadwalan. Tujuannya untuk mengembangkan rencana produksi yang cukup efisien untuk memenuhi pesanan yang ada dan mengantisipasi permintaan jangka pendek sekaligus meminimalkan persediaan bahan baku dan barang jadi.

METODE PERENCANAAN PRODUKSI
Manufacturing resource planning (MRP-II): perpanjangan dari perencanaan sumber daya bahan baku yang berupaya untuk menyeimbangkan kapasitas produksi yang ada dengan kebutuhan bahan baku untuk memenuhi permintaan penjualan yang diperkirakan. Disebut juga sebagai push manufacturing, karena barang-barang yang diproduksi dalam ekspektasi permintaan pelanggan.
Produksi ramping (lean manufacturing): memperpanjang prinsip-prinsip sistem persediaan just-in-time untuk seluruh proses produksi dan untuk meminimalkan atau mengeliminasi persediaan bahan baku, barang dalam proses, dan barang jadi. Produksi ramping sering disebut sebagai pull manufacturing karena barang-barang diproduksi sebagai respons terhadap permintaan pelanggan.

DOKUMEN KUNCI DAN FORMULIR
Master production schedule (MPS): menentukan seberapa banyak tiap-tiap produk untuk diproduksi selama periode perencanaan dan ketika produk tersebut harus terjadi.
Berikut ini sampel jadwal induk produksi:
Pesanan produksi (production order): sebuah dokumen yang mengotorisasi pembuatan dalam kuantitas yang telah ditentukan pada produk tertentu.
Permintaan bahan baku (materials requistion): mengotorisasi penghapusan dari kuantitas yang diperlukan bahan baku dari ruang penyimpanan.
Kartu pemindahan (move ticket): dokumen yang mengidentifikasi transfer internal dari bagian, lokasi dimana bagian tersebut ditransfer, dan waktu transfer.
Berikut contoh sampel pesanan produksi untuk Alpha Omega Electronis:
Berikut contoh sampel permintaan bahan baku untuk Alpha Omega Electronis:
ANCAMAN DAN PENGENDALIAN
Ancaman utama dalam aktivitas perencanaan dan penjadwalan adalah kelebihan atau dibawah target produksi.

OPERASI PRODUKSI
Langkah ketiga dalam siklus produksi adalah pembuatan produk yang sebenarnya.
Computer-integrated manufacturing (CIM): sebuah pendekatan manufaktur dengan banyak proses manufaktur dijalankan dan diawasi dengan peralatan terkomputerisasi, sebagian melalui penggunaan robot dan pengumpulan data real-time dari aktivitas manufaktur.

ANCAMAN DAN PENGENDALIAN
Pencurian persediaan dan aktiva tetap adalah keprihatinan utama. Untuk mengurangi risiko kehilangan atas persediaan, akses fisik terhadap persediaan harus dibatasi dan seluruh pergerakan internal dari persediaan harus didokumentasikan.
Request for proposal (RFP): sebuah permohonan oleh sebuah organisasi atau departemen bagi pemasok untuk mengajukan penawaran guna memasok sebuah aktiva tetap yang memiliki karakteristik spesifik.

AKUNTANSI BIAYA
Langkah terakhir dalam siklus produksi adalah akuntansi biaya. Tujuaannya adalah: 

  1. menyediakan informasi untuk perencanaan, pengendalian, dan pengevaluasian kinerja operasi produksi,
  2. menyediakan data biaya yang akurat mengenai produk untuk digunakan dalam penetapan harga dan keputusan bauran produk,
  3. mengumpulkan dan memproses informasi yang digunakan untuk menghitung nilai-nilai persediaan dan harga pokok penjualan yang muncul dalam laporan keuangan perusahaan.
Perhitungan biaya job-order (job-order costing): sebuah sistem biaya yang menentukan biaya ke batch produksi tertentu atau pekerjaan.
Perhitungan biaya proses (process costing): sebuah sistem biaya yang menentukan biaya ke masing-masing proses atau pusat kerja dalam siklus produksi, dan kemudian menghitung biaya rata-rata untuk semua unit yang diproduksi.

DATA PENGGUNAAN BAHAN BAKU
Ketika produksi dimulai, penerbitan permintaan bahan baku memicu debit barang dalam proses untuk bahan baku yang dikirim ke produksi. Jika bahan baku tambahan diperlukan, debit yang lain dibuat untuk barang dalam proses.

BIAYA TENAGA KERJA LANGSUNG
Kartu jam kerja (job-time ticket): sebuah dokumen yang digunakan untuk mengumpulkan data mengenai aktivitas tenaga kerja dengan mencatat jumlah waktu seorang pekerja yang dikeluarkan dalam setiap tugas pekerjaan tertentu.

PENGGUNAAN MESIN DAN PERALATAN
Ketika perusaan mengimplementasikan CIM untuk mengotomatiskan proses produksi, proporsi yang lebih besar dari biaya produk yang terkait dengan mesin dan peralatan yang digunakan untuk membuat produk tersebut.

BIAYA OVERHEAD PABRIK
Overhead pabrik: seluruh biaya manufaktur yang secara ekonomis tidak layak untuk melacak langsung terhadap pekerjaan atau proses tertentu.

ANCAMAN DAN PENGENDALIAN
Data biaya yang tidak akurat dapat menurunkan efektivitas penjadwalan produksi dan melemahkan kemampuan manajemen untuk mengawasi dan mengendalikan operasi manufaktur

MENINGKATKAN PENGENDALIAN DENGAN SISTEM PERHITUNGAN BIAYA BERBASIS AKTIVITAS
Perhitungan biaya berbasis aktivitas (activity-based costing - ABC): sistem biaya yang dirancang untuk melacak biaya pada aktivitas yang menimbulkannya.
Sistem perhitungan biaya berbasis aktivitas berbeda dari sistem akuntansi biaya konvensional dalam tiga cara yang penting:
  1. Sistem biaya berbasis aktivitas berusaha secara langsung menelusuri proporsi besar dari biaya overhead ke produk.
  2. Sistem biaya berbasis aktivitas menggunakan sejumlah besar biaya pool untuk mengakumulasi biaya tidak langsung (overhead pabrik). Sementara sebagian besar sistem biaya tradisional menyatukan seluruh biaya overhead bersama-sama, sistem perhitungan biaya berbasis aktivitas membedakan tiga kategori overhead terpisah: a. Overhead yang terkait dengan batch, b. Overhead yang terkait dengan produk, c.Overhead keseluruhan perusahaan.
  3. Sistem biaya berbasis aktivitas berupaya untuk merasionakan alokasi overhead ke produk dengan mengidentifikasi pemicu biaya.
Keputusan yang Lebih Baik
Sistem biaya tradisional cenderung membebankan terlalu banyak overhead terhadap beberapa produk dan terlalu sedikit ke produk lain, karena terlalu sedikitnya pool biaya yang digunakan.
Berikut perbandingan laporan berdasarkan sistem biaya berbasis aktivitas dan tradisional:
PENINGKATAN MANAJEMEN BIAYA

Para pendukung berargumen bahwa keuntungan lain dari perhitungan biaya berbasis aktivitas adalah bahwa perhitungan tersebut jelas mengukur hasil tindakan-tindakan manajemen atas profitabilitas secara keseluruhan.
Biaya kemampuan aktivitas = Biaya aktivitas yang digunakan + Biaya kapasitas yang tidak digunakan

PENINGKATAN PENGENDALIAN DENGAN METRIK KINERJA INOVATIF
Throughtput: Sebuah Ukuran Efektivitas Produksi
Throughtput: suatu ukuran efisiensi produksi yang menunjukkan jumlah unit "bagus" yang dihasilkan dalam suatu periode waktu tertentu.
Throughtput = (Total unit yang diproduksi/Waktu pemrosesan) x (Waktu pemrosesan/Total waktu) x (Unit barang/Total unit)
Kapasitas produktif adalah syarat pertama dalam formula tersebut.

Ukuran Pengendalian Kualitas
Biaya pengendalian kualitas dapat dibagi ke dalam empat area sebagai berikut:

  1. Biaya pencegahan berhubungan dengan perubahan terhadap proses produksi yang didesain untuk mengurangi tingkat kecacatan produk.
  2. Biaya inspeksi berhubungan dengan pengujian untuk memastikan bahwa produk memenuhi standar kualitas.
  3. Biaya kegagalan internal berhubungan dengan pengerjaan ulang, atau pembuangan, produk yang diidentifikasikan sebagai produk cacat sebelum penjualan.
  4. Biaya kegagalan eksternal dihasilkan ketika produk cacat dijual ke pelanggan. Biaya ini meliputi biaya-biaya seperti klaim kewajiban produk, garansi dan biaya perbaikan, hilangnya kepuasan pelanggan, dan kerusakan reputasi perusahaan.


Komentar

  1. Helo
    Kami adalah peniaga profesional, menjana pendapatan forex dan binari untuk pelabur setiap minggu, dengan senang hati akan memberitahu anda lebih banyak mengenai platform pelaburan kami di mana anda boleh melaburkan dana sebanyak $ 200 dan mula memperoleh $ 2000 setiap minggu, banyak orang telah mendapat manfaat daripada tawaran pelaburan ini sebelum ini dan semasa virus convid-19 ini, jika anda menghadapi masalah kewangan disebabkan oleh coronavirus ini dan anda memerlukan pertolongan untuk membayar bil, cukup pilih rancangan pelaburan yang sesuai untuk diri anda dan mula menjana keuntungan setiap minggu

    $ 500 untuk memperoleh $ 5,000 dalam 7 hari
    $ 1000 untuk memperoleh $ 10000 dalam 7 hari
    $ 5000 untuk memperoleh $ 50000 dalam 7 hari

    Untuk memulakan pelaburan anda sekarang hubungi Via whatsapp: (12166263236)
    e-mel: carlose78910@gmail.com

    BalasHapus
  2. Kabar Baik Semuanya.
    Nama saya Untung Kadu. Saya tinggal di sebuah kota bernama Padang di Indonesia, saya juga dari Indonesia. Saya ingin segera menggunakan media ini untuk berbagi kesaksian tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang sah dan nyata yang telah mengubah hidup suami saya dan saya dari rumput menjadi anugerah. Saya dulunya wanita miskin tetapi dia telah mengubah saya menjadi orang kaya sekarang, karena saya sekarang dapat membanggakan hidup sehat dan kaya tanpa stres atau kesulitan keuangan.

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet, saya ditipu oleh perusahaan pinjaman lain untuk membayar total sejumlah Rp8.700.100, saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online yang sah yang tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi Saya memutuskan Untuk menghubungi seorang wanita yang baru saja menerima pinjaman online, kami membahas tentang masalah ini dan kesimpulan kami dia bercerita tentang seorang wanita bernama Ny. REBACCA ALMA yang merupakan CEO Perusahaan Pinjaman Rebacca Alma.

    Saya mengajukan jumlah pinjaman (Rp 520.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan untuk transfer kredit, karena tidak ada jaminan yang diperlukan untuk pinjaman transfer, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi dari mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam 20 menit, pinjaman tersebut disetorkan ke rekening bank saya.

    Jadi saya ingin menasihati siapa saja yang membutuhkan pinjaman agar segera menghubungi dia melalui: rebaccaalmaloancompany@gmail.com Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini dan saya berdoa semoga Tuhan memberkati dia dan juga keluarganya untuk hal-hal baik yang dia lakukan. telah dilakukan dalam hidup saya. Ini adalah nomor Whatsapp ibu +14052595662

    Anda juga bisa menghubungi saya di untungkadum@gmail.com untuk info lebih lanjut. dan berikut adalah email dari teman saya yang mereferensikan saya ke Pinjaman Rebacca Alma rahimteimuri97@gmail.com Dia memperkenalkan saya kepada Bu Rebacca. Anda juga dapat menghubunginya untuk arahan lebih lanjut. Tuhan memberkati Anda semua dan semoga sukses saat Anda mendapatkan milik Anda.

    BalasHapus
  3. Keajaiban tidak akan pernah berakhir, saya berdoa untuk allah untuk memberkati Nyonya Esther Patrick, saya kehilangan Ewita warga negara Indonesia, saya tinggal di JL.kutisari selatan geng ekonomi No. 13-G, Indonesia. Ibu saya mengatakan kepada saya bahwa dia akan melalui internet dan datang ke publikasi Nyonya Esther Patrick, mengatakan bahwa fasilitas kredit telah memberinya pinjaman kepada masyarakat umum dengan suku bunga sangat rendah 2% persen, Anda dapat menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com].

    Jadi, saya memberi tahu teman saya tentang pandangan meminjam dari Nyonya Esther Patrick, dan dia mengatakan dia tidak akan memberi tahu saya bahwa saya tidak meminjam dari Nyonya Esther Patrick, tetapi saya perlu meminjamkan sejumlah kecil untuk memeriksa apakah perusahaannya adalah perusahaan.

    Jadi, saya bertindak atas sarannya dan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com] yang diposkan oleh ibu saya, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp200.000.000. Nyonya Esther Patrick menanggapi saya dan mengirimi saya semua syarat dan ketentuan perusahaannya yang saya baca dan saya menyetujui persyaratannya.Setelah persetujuan permohonan pinjaman, saya menerima pemberitahuan dari bank saya bahwa jumlah Rp200.000.000 dikreditkan ke rekening bank saya dari perusahaan Nyonya Esther Patrick.

    Saya sangat senang dan berbagi kabar baik dengan ibu saya dan teman saya yang menyarankan saya untuk terus maju.Ia menyelesaikan pembayaran kembali pinjaman tersebut pada 07 Juli 2018, dan saya meminta sejumlah Rp550.000.000 yang juga saya terima di rekening bank saya setelah prosedur itu dilakukan.

    Jadi, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk memberi tahu siapa saja yang mencari pemberi pinjaman pribadi di Internet yang pasti akan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui e-mail {ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM}Anda dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan bantuan atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapat pinjaman.Ini email saya: [ewitayuda1@gmail.com]Terima kasih, pengikut saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo semua, nama saya Olivia Martinez saya di sini untuk membuat ulasan mengenai bagaimana Doktor Ogun membantu saya dalam memperbaiki perkahwinan saya dan juga kepada mereka di luar sana yang meminta pertolongan dan nasihat mengenai cara menyelamatkan perkahwinan atau hubungan anda yang putus, beberapa bulan yang lalu saya Saya mempunyai masalah dengan suami saya dan saya menyedari bahawa dia telah berselingkuh dengan wanita muda lain di tempat kerjanya saya berhadapan dengannya tetapi dia marah dan berkata kepada wajah saya bahawa itu benar, seolah-olah itu tidak mencukupi dia terus maju dengan memberitahu saya dia tidak lagi menyayangi saya bahawa dia mahukan perceraian yang saya hancurkan dan bingung, saya memohon kepadanya bahawa saya tidak mahu perceraian tetapi dia menegaskan, sebelum itu saya pernah mendengar tentang Doktor Ogun ketika melayari di internet bagaimana dia digunakan untuk menolong orang-orang dengan perkahwinan dan hubungan yang rosak, saya memikirkannya dan saya memutuskan untuk menghubunginya, dia berjanji akan mengukirkan senyuman di wajah saya lagi, saya mengikuti arahannya dan setelah 7 hari saya sangat terkejut melihat suami saya melutut di hadapan saya dan meminta maaf kerana apa yang dia katakan mengenai perceraian, ini adalah sesuatu yang tidak pernah saya harapkan, saya berterima kasih kepada Doktor Ogun atas apa yang telah dia lakukan untuk saya, sekarang saya hidup bahagia dengan suami saya dan dia telah berhenti berjumpa dengan wanita lain. Tidak kira apa masalah anda dan sukar dia menyelesaikannya, hubungi Lelaki yang dipanggil Doktor Ogun melalui solutiontemple01@gmail.com atau WhatsApp +15034898675 untuk mendapatkan pertolongan bahawa dia adalah lelaki yang boleh dipercayai
      Sekiranya anda berada di luar sana untuk menyelesaikan masalah berikut, dia juga sempurna
      (1) Sekiranya anda mahukan bekas kekasih anda.
      (2) Sekiranya anda selalu mempunyai mimpi buruk.
      (3) Anda mahu dinaikkan pangkat di pejabat anda.
      (4) Anda mahu wanita / lelaki mengejar anda.
      (5) Sekiranya anda mahukan anak.
      (6) Anda mahu menjadi kaya.
      (7) Anda mahu mengikat suami / isteri menjadi milik anda selamanya.
      (8) Sekiranya anda memerlukan bantuan kewangan.
      (9) Penjagaan herba
      (10) Membantu membawa orang keluar dari penjara
      (11) Mantra Perkahwinan
      (12) Keajaiban Mantra
      (13) CUBA NABI
      (14) Mantra Tarikan
      (15) Buang Mantra Sakit
      (16) Pesona untuk mendapatkan siapa yang mencintai anda.
      (17) Mantra perniagaan.
      (18) Cari keluarga anda yang telah lama hilang.
      (19) Eja untuk masalah keluarga
      (20) Masalah Kes Mahkamah
      (21) hamil
      Sekiranya anda memerlukan atau menginginkan maklumat mengenai cinta atau mantra wang, anda boleh menyelesaikan masalah itu hari ini

      Hapus
  4. Selamat siang untuk seluruh WNI dan juga seluruh ASIA, nama saya Bu Nurliana Novi, saya ingin membagikan testimoni hidup saya di sini pada platform ini untuk semua WNI dan seluruh asia agar berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah benar-benar mendukung saya melalui ibu. Ibu Elina yang baik

    Setelah beberapa periode mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus-menerus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman yang berbeda.

    Saya putus asa untuk mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya yang kemudian mengenalkan saya kepada Bu Elina, yang merupakan pemilik perusahaan peminjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk melamar ke Bu Elina, jadi saya menyimpulkan keberanian dan menghubungi Nyonya Elina.

    Saya mengajukan pinjaman sejumlah Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer Saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disimpan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa rekening saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberikan saya keinginan hati saya.

    Mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan bagaimana menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda.

    Semoga ALLAH memberkati Bunda Elina yang telah membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapapun yang berminat untuk mendapatkan pinjaman silahkan hubungi Bu Elina via email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman anda
    Ada perusahaan palsu online lain yang menggunakan kesaksian saya untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran ke ibu`` tolong hati-hati orang-orang ini oke

    Akhir kata saya ucapkan terima kasih kepada kalian semua yang telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.Satu lagi nama saya mrs nurliana novi, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: nurliananovi96@gmail.com

    BalasHapus
  5. PELUANG PINJAMAN!!!!!
    Anda tidak pernah terlalu muda untuk memulai sebuah kerajaan dan tidak pernah terlalu tua untuk memulai mimpi baru. Sebuah mimpi tidak menjadi kenyataan melalui sihir; butuh keringat, tekad dan kerja keras. Dapatkan pinjaman dari kami hari ini untuk membantu membawa Anda ke dunia baru kebebasan finansial Anda. Untuk Info lebih lanjut tentang cara mendaftar, Pm saya atau Email @: raymondwong@altafinance.org altafinance2@gmail.com
    atau Whatsapp: 1 213 433 3059

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB 12 SIKLUS PENDAPATAN: PENJUALAN DAN PENERIMAAN KAS

TUGAS SIA Oleh: Friska Ayu Kurnianingtyas (1117 29640) C2 PENDAHULUAN Siklus pendapatan (revenue cycle): serangkaian aktivitas bisnis dan operasi pemrosesan informasi terkait yang terus menerus dengan menyediakan barang dan jasa kepada pelanggan dan menerima kas sebagai pembayaran atas penjualan tersebut. Tujuan utama siklus pendapatan adalah menyediakan produk yang tepat di tempat yang tepat pada saat yang tepat untuk harga yang sesuai. Untuk mencapai tujuan tersebut, manajemen harus membuat keputusan penting sebagai berikut. Sampai sejauh mana produk dapat dan harus disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan individu? Seberapa banyak persediaan yang harus dimiliki dan di mana persediaan tersebut harus ditempatkan? Bagaimana seharusnya barang dagangan dikirim ke pelanggan? Haruskah perusahaan menjalankan fungsi pengiriman sendiri atau mengalihdayakan (outsourcing) ke pihak ketiga yang berspesialisasi dalam bidang logistik? Berapakah harga optimal untuk set

BAB 15 SIKLUS MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN PENGGAJIAN

TUGAS SIA Oleh: Friska Ayu Kurnianingtyas (1117 29640) C2 PENDAHULUAN Siklus sumber daya manusia (MSDM)/penggajian (humas resources manajemen (HRM)/payroll cycle): serangkaian aktivitas bisnis dan operasi pengolahan data terkait yang terus-menerus berhubungan dengan mengelola kemampuan pegawai secara efektif. Tugas-tugas yang lebih ppenting meliputi sebagai berikut: Merekrut dan mempekerjakan para pegawai baru. Pelatihan. Penugasan pekerjaan. Kompensasi (penggajian). Evaluasi kinerja. Mengerluarkan pegawai karena penghentian yang sukarela maupun tidak. Tugas 1 dan 6 dilakukan hanya sekali pada setiap pegawai, sementara tugas 2 sampai 5 dijalankan berulang-ulang selama seorang pegawai bekerja untuk perusahaan tersebut. Bab ini utamanya membahas tentang sistem penggajian karena para akuntan biasanya bertanggung jawab atas fungsi ini. SISTEM INFORMASI SIKLUS MSDM/PENGGAJIAN Aktivitas-aktivitas terkait MSDM (informasi mengenai perekrutan, pemecatan, peminda

BAB 22 DESAIN, IMPLEMENTASI, DAN OPERASI SISTEM

TUGAS SIA Oleh: Friska Ayu Kurnianingtyas 1117 29640 C2 PENDAHULUAN Bab ini mendiskusikan bagaimana beberapa langlah SDLC dapat dipersingkat atau dibuat lebih efektif. DESAIN SISTEM KONSEPTUAL Dalam desain konseptual, pengembang menciptakan sebuah rerangka umum untuk mengimplementasikan persyaratan pengguna dan mengatasi masalah-masalah yang diidentifikasikan dalam fase analisis. Berikut menunjukkan aktivitas desain sistem konseptual: MENGEVALUASI ALTERNATIF DESAIN Standar-standar berikut haruslah digunakan untuk mengevaluasi alternatif desain: seberapa baik ia memenuhi sasaran keorganisasian dan sistem. seberapa baik ia memenuhi kebutuhan pengguna. apakah layak secara ekonomis. bagaimana bobot keuntungan dibandingkan kerugian. Berikut pertimbangan dan alternatif desain: MENYIAPKAN SPESIFIKASI DESAIN DAN LAPORAN Spesifikasi desain konseptual (conceptual design specification): spesifikasi yang dibutuhkan untuk output sistem, penyimpanan data, in